Gelar Penyuluhan Agama Bersama Masyarakat, Ustadz Suhaibi : Memahami Moderasi Beragama Sangat Penting

Ketua Forum Penyuluh Agama Kabupaten Lombok Tengah Suhaibi Saat Memberikan materi Penyuluhan beragama

Topikntb.id - Kementerian Agama kabupaten Lombok Tengah terus menggelar penyuluhan Agama Islam bersama masyarakat dan bentuk dari suksesi program dari kemenag pusat. Acara tersebut di selenggarakan di desa Mantang kecamatan batukliang lombok Tengah, 24/02/2024.


Ketua Forum Penyuluh Agama Kabupaten Lombok Tengah Ustadz Suhaibi mengatakan memahami moderasi beragama itu sangat penting karena bagian dari langkah otentik untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis.


" Saya sebagai bagian dari penyuluh agama Islam harus melaksanakan tugas dan program penyuluhan terkait masalah moderasi beragama di desa binaan dengan harapan mewujudkan masyarakat yang harmonis dan memiliki toleransi tinggi dan tidak memiliki paham yang ekstrem terhadap pemahaman agama dan terhadap permasalahan yang terjadi dalam kehidupan bersosial" ungkap ustadz Suhaibi nama akrabnya.


Lanjut ustadz suhaibi menegaskan adanya program ini bagian dari menindaklanjuti perpres 25/09/2023 yang menjadi poin penting dalam kebijakan besar yang telah termaktub dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020-2024 dalam penyelenggaraan moderasi beragama dan dalam prakteknya dilakukan oleh semua kementerian pemerintah daerah serta melibatkan semua lapisan masyarakat dengan tujuan jalannya harmonis serta kenyamanan dalam bernegara. 


Dirinya sebagai penyuluh agama yang melaksanakan kegiatan moderasi beragama menambahkan memberikan pemahaman kepada masyarakat tidaklah mudah namun membutuhkan perjuangan yang besar dan membutuhkan pemahaman yang baik sehingga pemahaman masyarakat akan mudah mencerna apa yang disampaikan serta menjadi acuan menjalani kehidupan. 


Selain itu juga suhaibi berharap agar perbedaan yang terjadi menjadi suatu Rahmat sehingga tidak memiliki paham yang ekstrem serta berlebihan dalam menilai sesuatu baik itu ekstrem kiri maupun ekstern kanan sehingga memiliki pandangan yang pertengahan. 


harapannya dengan melakukan penyuluhan moderasi beragama ini bisa memberikan sumbangsih kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat, memiliki toleransi yang tinggi serta keharmonisan dalam mewujudkan negara Indonesia yang utuh yaitu NKRI harga mati. 


Kini suhaibi juga sedang mengikuti kegiatan seleksi penyuluh agama Islam award tingkat nasional tahun 2024.

0/Post a Comment/Comments